Kamis, 08 November 2012

Sanur Community Market untuk Hari Pahlawan



Teman-teman muda Healthy Food Healthy Living (HFHL, atau sebut aja 'hafile-hafile') sekali lagi meminta saya membuat 'propaganda' untuk mem-'back-up' poster resmi kegiatan Sanur Community Market (SCM).

Tiap akhir pekan dua minggu sekali acara pasar organik Sanur ini rutin diadakan di tempat dan waktu yang sama. Tapi memang rasanya iklan dan upaya-upaya mengingatkan (bahkan mungkin undangan khusus) perlu terus dilakukan karena daya tarik dan 'brand' kegiatan ini belum tertanam dalam memori orang-orang. Bahkan kecenderungannya makin lama makin sedikit vendor dan pengunjung yang datang. Memang dari segi suasana tempat terlalu monoton dan bahkan kurang nyaman karena panas. Ide untuk terus menambah penghijauan dan instalasi seni-arsitektur di lapangan parkir toko Satvika Bhoga belum terlaksana padahal segi itulah yang bakal mendongkrak 'brand' dan daya tarik orang untuk datang. Coba, lapangan parkir paving minim vegetasi di siang terik di sekitaran Sanur yang berkarakter pesisir, siapa tertarik berlama-lama selain penjual dan panitia?

Tapi yaaa begitulah, kegiatan musti terus berjalan. Dan sitiulah saya pusing. Ide propaganda apalagi yang bisa diturunkan? Sudah dua kali format komik digunakan. Dan itu cukup memeras energi buat cari ide yang harusnya cuma diterapkan saat akan menyambut kegiatan perdana dan momen-momen khusus. Dan untuk Sanur Community Market 11 November 2012 yang berdekatan dengan Hari Pahlawan?

Pikir-pikir format komik untuk SCM yang dirilis berdekatan tentu membosankan (ya, semembosankan kegiatannya yang memang amat perlu banyak inovasi & ide-ide segar lagi). Maka itu, karena kebetulan juga ingin angkat petani sebagai pahlawan, ide bergulir di seputar 'bermain' sawah-sawahan. Dan karena dekat Pantai Sanur maka tepatlah bermain dengan sarana pasir pantai dan potongan-potongan kertas yang disusun menyerupai suasana aktivitas di sawah/ladang.

Proses 'bermain' ini cuma makan waktu satu jam di pagi hari (ini diluar proses menggambar & memotong) dan memang musti buru-buru karena dilakukan saya sendiri (seorang diri lho!) sebelum ke kantor di hari Kamis 08 November 2012. Susah juga ternyata menyusun potongan-potongan kertas ini dan mengambil sudut potret yang berkejaran dengan sinar matahari yang kelewat giat bekerja mengejar siang.

Dan demikianlah jadinya propaganda SCM ini siang harinya saya kirim ke teman-teman panitia meski sebetulnya melengceng dari gambaran ide yang ada di kepala. Oh, tentu ide yang ada di kepala lebih baik dari wujud visual nyata. Tapi kalau sudah kepepet ya tidak apa-apa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar