Selasa, 05 Juli 2011

AUB3 #15 'Gerilya - Arsitektur' - Poster dan Ceritanya

 
Ini poster hasil revisi (poster akhir yang resmi digunakan) dengan 'muatan cerita' tentang revisi itu sendiri (seperti yang saya duga apa saja yang akan direvisi 'badan sensor' panitia Architecs Under Big 3).

Di poster revisi itu disengaja penuh corat-coret sebagaimana umumnya gambar arsitek yang penuh coretan revisi. Coretan merah selain menggambarkan proses revisi dengan tidak menghapus tulisan yang lama juga akan menegaskan tentang informasi yang ingin disampaikan terutama soal penanggalan. Mungkin sekaligus mengkritik kecenderungan penggunaan penamaan Bahasa Inggris pada berbagai media kita sementara muatan pesan itu sendiri dan target utama adalah (orang) Indonesia. Bukankah presentasi nanti disampaikan dalam Bahasa Indonesia? 

Izinkan juga jika tulisan 'Architects Under Big 3' sengaja tidak tampil mencolok. Ia tetap tampil besar tetapi sebagai latar dari suatu peristiwa atau kegiatan. Jadi di sini yang ditekankan sesunggunya suatu proses, bukan nama itu sendiri. Sengaja juga tulisan informasi dibuat kecil pada poster yang diandaikan sebagai informasi pada panel maket agar mendorong orang untuk mau melihat lebih dekat. Sebagaimana juga mengapa saya tampilkan suatu peristiwa dalam skala gambar yang kecil di 'maket' itu (silakan lihat lebih dekat). 

Semoga poster ini mampu ditangkap sebagai sebuah keisengan, sesuatu proses yang nampak tidak serius, tapi mengharap mengundang rasa ingin tahu. Yang ingin tahu silakan mendekat.
-----------------------------------------------------

Sesungguhnya ide awal yang diolah dan dirancang berbulan-bulan di pikiran bukanlah seperti poster yang ada sekarang. Namun sebuah gagasan lain tiba-tiba muncul saat bengong di sebuah cafe dan terpaksa dicoretkan dalam media yang ada saat itu: koran. Jadilah sketsa awal di koran dari ide yang muncul sepersekian detik.

Versi arsiran pensil yang telah ditinta pada kertas HVS A4.


Huruf sengaja mengerahkan sumberdaya 'goresan' tangan langsung. Memang penuh ketidaksempurnaan-ketidakrapian tapi justru disitulah nilai otentiknya. Keterampilan tangan biarlah berperan lebih. Komputer mendukung.

Versi sebelum tulisan dkk dimasukkan. Panitia juga dikirimi versi ini untuk membuka kemungkinan penerapan tulisan.
Versi contoh poster akhir yang dikirim pertama kali ke Panitia AUB3.
Versi 'badan sensor' AUB3 yang tersensor terutama di tanggal yang di-'Inggris'-kan dan nama perhelatan yang dimencolokkan. Ini sudah diduga.



-----------------------------------------------------

Bagian dari rangkaian AUB3 #15 'Gerilya - Arsitektur'. Silakan lihat juga:
- Proses Satu Bulan
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar