Jumat, 21 Oktober 2011

Ride on Time [Good Luck END]


Good Luck, salah satu serial terbaik Jepang. 
Ia menggambarkan bagaimana etos kerja Jepang pada dunia yang sarat dengan pelayanan, teknologi, dan keselamatan tinggi tanpa kehilangan unsur drama manusia. 
Bangsa kita perlu buat serial beginian. 
Sangat strategis. 
Garuda bisa kerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Ristek, serta didukung Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN). Juga tentu pemda-pemda yang akan terkait.



(coba nikmati lagu indah Ride On Time karya musisi ternama Jepang, Tatsuro Yamashita, lengkap dengan klip yang menimbulkan rasa kagum akan penerbangannya)


Ini bisa jadi iklannya Garuda (karena kru dan properti berlabel pesawat Garuda) yang sekalian promosi pariwisata nusantara (bayangkan dengan latar berbagai tempat menarik di nusantara, apalagi kalo disorot pas lagi terbang dengan latar alam di bawahnya) yang ceritanya menggambarkan tugas keseharian orang-orang di dunia penerbangan yang sarat soal pelayanan, ketepatan waktu, keselamatan (hal-hal terkait etos dan budaya), teknologi tinggi (pesawat, mesin, hanggar perawatan, hal-hal serba canggih) yang tentu berdampak pada perilaku-budaya masyarakat (sebagaimana peran pendidikan-kebudayaan) sekaligus menumbuhkan minat kedirgantaraan yang tinggi (pasti anak-anak ingin dekat barang-barang keren. Yang tua-tua juga).

Ini bisa membuat masyarakat lebih memahami seluk beluk dan rumitnya penerbangan dan mendorong pelaku bisnis penerbangan terus memperbaiki mutu (agar keren pula seperti di serial). Sekaligus mengisi dunia hiburan buatan dalam negeri yang terlalu jenuh dengan yang itu-itu aja (sinetron gak mutu bakal lesu kalah peminat di ‘prime time’).

Dengan kerjasama antar instansi maka ketersediaan dana untuk bikin serial berkualitas bisa terjamin (Garuda sendirian aja bisa bikin branding berkelas). Dan ini bisa diputar berulang-ulang di masa depan (seperti serial Si Doel) bahkan dilirik negara tetangga (kayak Ipin Upin dilirik masyarakat kita).

Belum lagi soal kebanggaan dalam negeri karena bagaimanapun Garuda Indonesia adalah ‘flag carrier’ Indonesia di dunia. Banyak orang-orang kreatif dan berbakat di bidangnya di negeri ini yang pasti bisa bantu bikin.

Ini strategis.

(bolehlah Pak Presiden numpang nyumbang lagu buat endingnya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar