Good Luck, salah satu
serial terbaik Jepang.
Ia menggambarkan bagaimana etos kerja Jepang pada dunia yang sarat dengan pelayanan, teknologi, dan keselamatan tinggi tanpa kehilangan unsur drama manusia.
Bangsa kita perlu buat serial beginian.
Sangat strategis.
Garuda bisa kerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Ristek, serta didukung Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN). Juga tentu pemda-pemda yang akan terkait.
Ia menggambarkan bagaimana etos kerja Jepang pada dunia yang sarat dengan pelayanan, teknologi, dan keselamatan tinggi tanpa kehilangan unsur drama manusia.
Bangsa kita perlu buat serial beginian.
Sangat strategis.
Garuda bisa kerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Ristek, serta didukung Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN). Juga tentu pemda-pemda yang akan terkait.
(coba nikmati lagu indah Ride On Time karya musisi ternama Jepang, Tatsuro Yamashita, lengkap dengan klip yang menimbulkan rasa kagum akan penerbangannya)
Ini bisa jadi
iklannya Garuda (karena kru dan properti berlabel pesawat Garuda) yang
sekalian promosi pariwisata nusantara (bayangkan dengan latar berbagai tempat
menarik di nusantara, apalagi kalo disorot pas lagi terbang dengan latar alam di bawahnya) yang ceritanya menggambarkan tugas keseharian orang-orang
di dunia penerbangan yang sarat soal pelayanan, ketepatan waktu, keselamatan
(hal-hal terkait etos dan budaya), teknologi tinggi (pesawat, mesin, hanggar
perawatan, hal-hal serba canggih) yang tentu berdampak pada perilaku-budaya
masyarakat (sebagaimana peran pendidikan-kebudayaan) sekaligus menumbuhkan
minat kedirgantaraan yang tinggi (pasti anak-anak ingin dekat barang-barang keren. Yang tua-tua
juga).
Ini bisa membuat
masyarakat lebih memahami seluk beluk dan rumitnya penerbangan dan mendorong pelaku bisnis penerbangan terus memperbaiki mutu (agar keren pula
seperti di serial). Sekaligus mengisi dunia hiburan buatan dalam negeri yang
terlalu jenuh dengan yang itu-itu aja (sinetron gak mutu bakal lesu kalah
peminat di ‘prime time’).
Dengan kerjasama
antar instansi maka ketersediaan dana untuk bikin serial berkualitas bisa
terjamin (Garuda sendirian aja bisa bikin branding berkelas). Dan ini bisa
diputar berulang-ulang di masa depan (seperti serial Si Doel) bahkan dilirik
negara tetangga (kayak Ipin Upin dilirik masyarakat kita).
Belum lagi soal
kebanggaan dalam negeri karena bagaimanapun Garuda Indonesia
adalah ‘flag carrier’ Indonesia
di dunia. Banyak orang-orang kreatif dan berbakat di bidangnya di negeri ini
yang pasti bisa bantu bikin.
Ini strategis.
(bolehlah Pak
Presiden numpang nyumbang lagu buat endingnya)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar